Awal Mula Diadakan nya Piala Dunia Antar Klub

Sudah Hampir 13 tahun lalu, Piala Toyota berubah nama menjadi FIFA Club World Championship. kejuaraan ini diadakan di musim dingin dengan mempertemukan juara-juara antar benua, yaitu 6 dari 7 federasi sepakbola di dunia. Saat ini, kejuaraan ini kita kenali sebagai Piala Dunia Antar Klub

Kejuaraan yang menentukan klub terbaik didunia ini sekarang diikuti oleh klub terkenal. Tetapi, pada saat edisi pertama kejuaraan antar benua yang telah diadakan lebih dari seabad yang lalu ini ternyata dimenangi oleh tim amatir yang berasal dari County Durham

13 tahun sudah Piala Toyota berubah namanya menjadi Piala Dunia antar klub. Kejuaraan ini diadakan di musim dingin dan mempertemukan juara-juara antar benua, yaitu 6 dari 7 federasi sepakbola di dunia. Saat ini ajang tersebut kita kenal sebagai Piala Dunia Antar Klub

Kejuaraan  ini juga menghadirkan seluruh nama-nama yang terkenal didalam sejarah sepakbola selama 60 tahun ini, beberapa nama tersebut seperti Ferenc Puskas, Alfredo Di Stefano, Pele, Eusebio, George Best, Bobby Charlton, Johan Cruyff, Gerd Muller, Franz Beckenbauer, Zico, Marco van Basten, Paolo Maldini, Ronaldo, Lionel Messi, dan Cristiano Ronaldo. Hanya nama Diego Maradona yang tidak ada karena timming dia ketika berpindah klub ke Eropa tidak tepat.

Sir Thomas Lipton adalah tokoh yang memulai perjalanan panjang kejuaraan Piala Dunia Klub ini. Lipton yang berasal dari kota Glasgow, Irlandia, mulai merintis usahanya dengan membuka sebuah toko kelontong dan berdagang teh. Usahanya pun ternyata menjadi besar dan sukses yang kemudian membuat Lipton membangun kerajaan bisnis global yang menjadikannya seorang multi-millionaire. Dia merupakan penggemar berat timnas Skotlandia dan menghabiskan banyak uangnya untuk memajukan sepakbola serta olahraga lain yang juga disukainya, yaitu berlayar.

Lipton membuat sebuah turnamen yang ditunjukan hanya untuk Uruguay dan Argentina pada tahun 1905, yaitu Copa Lipton. Lipton juga memberikan dukungan finansial terhadap event olahraga di seluruh dunia, mulai dari Amerika Latin & Karibia hingga Sisilia dan India. Dan pada 1909, Lipton mempunyai sebuah ide untuk membuat sebuah turnamen sepakbola baru yang dipandang banyak pihak, termasuk FIFA, sebagai kompetisi internasional pertama untuk klub.
Setelah dinobatkan menjadi Knight Commander of the Grand Order of the Crown of Italy, Lipton merespons balik dengan memberikan sebuah trofi baru kepada negara Italia. Lipton meminta pada pemerintah Italia untuk menganugerahkan trofi itu kepada klub yang menjuarai piala dunia antar klub. (turnamen yang digagas oleh Lipton ini 21 tahun lebih cepat dari Piala Dunia / World Cup pertama, dan hanya enam tahun sesudah sepakbola internasional untuk pertama kalinya dimainkan di luar Britania Raya.)

Kejuaraan tersebut terdengar sangat menarik, dan bahkan pada saat itu pun klub-klub sepakbola di dunia siap melakukan perjalanan demi mengikutinya. Everton dan Tottenham yang sedang tur di Amerika Selatan, menunjukan rasa minatnya untuk mengikuti turnamen ini, akan tetapi FA (Federasi sepakbola Inggris), menolak mengajukan wakil mereka.
Seorang karyawan Lipton yang berasal dari timur laut Inggris, menyarankan kepada Northern League(liga tertua kedua di dunia setelah Football League), bahwa mereka mungkin bisa mengirimkan tim ke Italia. West Auckland menyanggupi tantangan tersebut dan para pemain amatir mereka (yang kebanyakan bekerja sebagai penambang), menggalang dana sendiri, mereka menjual benda-benda milik mereka untuk membantu membayar ongkos pergi ke Italia. WA, sebutan West Auckland oleh warga lokal di County Durham, akhirnya melakukan perjalanan ke Turin. Mereka menghabiskan waktu seminggu untuk perjalanan, ditambah satu setengah minggu untuk memainkan laga-laga dalam turnamen.

Secra mengejutkan, West Auckland berjaya di Turin. Tim yang finis kesepuluh dari 12 kontestan di Northern League pada 1908/09 ini mengalahkan lawan-lawan dari Jerman dan Swiss, mereka juga juga menyingkirkan Turin XI (yang dibentuk dari pemain-pemain terbaik Juventus dan Torino) untuk mengangkat Trofi Lipton.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *